3 Pemanfaatan Kulit Pisang Untuk Manusia

0


Kulit pisang banyak menumpuk sebagai limbah di sentra-sentra pembuatan keripik dan sale pisang. Pemanfaatan kulit pisang hampir tak ada sama sekali. Namun di tangan sejumlah mahasiswa Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terbukti kulit pisang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kertas tisu.
pemanfaatan kulit pisangProsesnya cukup sederhana yakni dengan mencuci bersih kulit pisang, selanjutnya diiris kecil-kecil kulit pisang. Langkah selanjutnya adalah mengeringkannya pada sinar matahari. Setelah kering, tambahkan air dan kristal NaOH pada panci dengan perbandingan tertentu. Diteruskan dengan membersihkan kandungan NaOH lewat mencuci hingga bersih dan tak meninggalkan bau. Ambil kulit pisang tadi dan rendam dalam larutan kaporit selama satu jam. Cuci menggunakan air bersih untuk menghilangkan bau kaporit. Bila sudah, ambil kulit pisang tadi dan haluskan dengan blender. Sesudah itu tambahkan 1,5 kg talc pada adonan, encerkan menggunakan air dan kertas tisu siap diproduksi.
Tak hanya untuk pembuatan kertas tisu, pemanfaatan kulit pisang dalam bidang energi listrik pun ada. Kulit pisang memiliki kandungan sejumlah mineral yang bisa bekerja menjadi larutan elektrolit. kandungan mineral paling banyak ialah potassium atau disebut juga kalium (K+). Kulit pisang pun memiliki konsentrasi garam sodium berupa klorida (Cl-) walaupun dengan jumlah terbatas. Reaksi kimia dari potassium atau kalium dengan garam sodium bisa menghasilkan senyawa kalium klorida atau KCl. Kulit pisang pun memiliki kandungan Magnesium serta Seng. Unsur magnesium (Mg) bisa membuat reaksi kimia dengan diklorida dan menghasilkan elektrolit kuat. Total Magnesium cuma sekitar 15 persen dan total konsentrasi Seng dalam kulit pisang cuma sekitar 2 persen. Dengan begitu mineral yang amat bermanfaat untuk menghantarkan arus listrik ialah potassium atau kalium, yang membuat reaksi kimia dengan garam sodium.
Nah, untuk pemanfaatan kulit pisang yang berikut ini lain dari telah dijelaskan di atas. Ternyata kulit pisang pun bisa dimanfaatkan untuk pembuatan brownis. Ternyata tak hanya kambing saja yang suka kulit pisang, namun dengan tekhnik pengolahan yang tepat, kulit pisang pun bisa dimakan. Cara pembuatan brownies dari kulit pisang ternyata sederhana, sama seperti membuat brownis pada umumnya. Cuma untuk yang ini ditambahkan kulit pisang yang sebelumnya telah dicuci bersih dan diblender. Tentunya pemanfaatan kulit pisang untuk makanan adalah terobosan berarti dalam pemanfaatan limbah.

Sumber:  KITAPUYA.INFO

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sel Tumbuhan

SISTEM PEREDARAN DARAH TERTUTUP DAN PEREDARAN DARAH GANDA

Sejarah Kerajaan Seriwijaya